Thursday, February 26, 2015

Listrik Statis & Sifat-sifat Muatan Listrik



Apa itu muatan listrik? Apa perbedaan muatan listrik positif dan negatif? Bagaimana  cara membangkitkan listrik statis? Apa maksud dari muatan netral? 

Jenis-jenis Muatan Listrik

Muatan listrik dibagi ke dalam dua jenis, muatan positif dan muatan negatif.

a.    Muatan Listrik Positif Muatan listrik positif adalah muatan yang dibawa oleh partikel proton. Atom disebut bermuatan positif apabila kekurangan elektron, atau ketika jumlah proton lebih banyak daripada elektron. Misalnya, contoh benda dengan listrik positif yaitu ketika sebatang kaca digosok dengan kain sutera, maka kaca akan bermuatan positif.

b.    Muatan listrik negatif Muatan listrik negatif adalah muatan yang dibawa oleh partikel elektron. Sebuah atom atau sebuah benda dikatakan bermuatan negatif apabila benda atau atom tersebut kekurangan
proton, atau jumlah eletron lebih banyak daripada jumlah proton. Misalnya, contoh benda yang mengandung listrik negatif yaitu batang plastik yang digosok-gosok dengan rambut.

Perbedaan Benda yang Bermuatan dan yang Netral

Setiap benda tersusun dari atom-atom. Pada atom netral, jumlah proton sama dengan jumlah elektron sehingga muatan positif dan muatan negatif sama besar. Sebanyak apapun elektron atau proton pada suatu atom atau suatu benda, jika jumlah keduanya sama, maka atom atau benda tersebut dikatakan netral. Pada keadaan tertentu, elektron-elektron dapat berpindah dari satu atom ke atom yang lain.

Gambar atom karbon netral, memiliki jumlah muatan positif (proton) dan negatif (elektron) yang sama.

Jenis-jenis muatan yang ada pada atom, yaitu:
  • Atom bermuatan positif, ini terjadi ketika sebuah elektron meninggalkan atom netral sehingga muatan inti lebih besar. Dengan kata lain, jumlah proton lebih banyak daripada jumlah elektron.
  • Atombermuatan negatif, hal ini terjadi apabila sebuah atom netral menerima elektron dari atom lain sehingga jumlah elektron lebih banyak daripada jumlah proton.
Benda netral dapat diubah menjadi benda bermuatan positif atau negatif dengan cara digosol. Dengan menggosok benda netral, maka elektron dapat berpindah dari benda yang digosok atau benda yang dibaut menggosok. Perpindahan elektron dari suatu benda ke benda lain disebut dengan gejala listrik statis.

Sifat-sifat Gaya (Muatan) Listrik

Benda-benda bermuatan listrik dapat saling berinteraksi sehingga antara benda tersebut saling tarik-menarik atau malah tolak-menolak. Hal ini agak mirip dengan magnet. Energi atau gaya tarik-menarik antar benda terjadi apabila benda-benda tersebut memiliki muatan yang berlawanan, yang satu bermuatan positif dan yang lain bermuatan negatif. Kalau magnet, kutub  atau sisi utara akan tertarik oleh kutub atau sisi selatan.

Sedangkan gaya tolak-menolak akan terjadi apabila benda-benda tersebut memiliki muatan yang sama, sama-sama bermuatan positif atau sama-sama bermuatan negatif. Kalau pada magnet, kutub utara akan menolak kutub utara, dan kutub selatan akan menolak kutub selatan. Dalam kehidupan ini sama dengan laki-laki yang saling menarik perhatian dengan perempuan. Jika laki-laki dan perempuan saling tertarik, itu wajar. Tapi kalau sama-sama perempuan atau sama-sama laki-laki saling tertarik, itu tidak wajar bahkan haram.

0 comments:

Post a Comment