Friday, April 24, 2015

Tahukah Kamu? Dari Mana Air Mata Berasal?

Dari mana air mata berasal?
Bagaimana proses terbentuknya air mata?
Kenapa air mata rasanya asin?
Ketika kita tak kuasa menahan sedih, kita akan menangis. Ketika kita tak kuasa menahan takut, kita juga akan menangis. Begitu juga ketika kita tak kuasa menahan bahagia, kita juga akan menangis. Jadi, sebenarnya kita menangis, atau air mata kita keluar dari mata karena kita tak bisa menahan perasaan.

Menangis adalah proses keluarnya cairan dari mata, yang disebut dengan air mata. Air mata yang keluar saat kita menangis berasal dari proses yang disebut lakrimasi. Lakrimasi berasal dari bahasa latin lacrima yang artinya "air mata". Air mata diproduksi oleh kelenjar yang disebut dengan Lacrima gland (kelenjar air mata). Lacrima gland atau kelenjar air mata terletak di bagian atas mata, tepatnya di antara kelopak mata dan alis. Kelenjar air mata secara rutin menghasilkan dan menyiramkan cairan yang membasahi mata setiap kali mata berkedip. Sehingga mata kita tidak pernah kering.
Ketika mata mulai kering, mata mata kita seakan jadi perih dan secara refleks mata kita akan berkedip. Air mata diproduksi terus-menerus secara reflek. Selain itu, air mata juga dihasilkan karena sebab lain karena adanya rangsangan dari luar atau rangsangan dari diri kita. Rangsangan dari luar seperti masuknya debu ke dalam mata, maka kelenjar air mata akan segera memproduksi air mata sebanyak-banyaknya untuk melarutkan dan menyapu debu tersebut ke bagian pinggir atau pojok mata. 
Sedangkan rangsangan dari dalam diri yang menyebabkan kelenjar air mata mengeluarkan air yaitu rangsangan dari emosi yang meluap, baik itu emosi karena sedih, marah, haru, atau bahagia. Bak penampung atau lacrima sac sudah penuh dan akhirnya air mata tumpah ke pipi Yang menarik adalah, sebenarnya mata kita mempunyai bak penampung air mata yang disebut dengan lacrima sac. Air mata yang sudah dikeluarkan untuk membasahi mata, selanjutnya akan disalurkan melalui sela-sela atau kanal-kanal yang terhubung dengan lacrima sac. Jadi semacam saluran got untuk mengalirkan air mata kembali ke lacrima sac. Jika air mata yang dikeluarkan terlalu banyak, maka lacrima sac tidak bisa menampung air mata tersebut sehinnga air mata akan dibuang dan jatuh. Fenomena inilah yang disebut bahwa seseorang menangis dan mengeluarkan air mata. Ketika kita menangis, kemudian tidak sengaja berapa tetes air mata jatuh dibibir kita dan masuk ke mulut kita. Lalu apa yang kita rasakan? Asin.

Ya air mata rasanya asin. Pernahkan Anda berpikir, apa yang membuat rasa air mata jadi asin? 
Air mata berasa asin karena memang kandungannya yang meliputi leusinenkefalin, adrenokortikotropik, dan prolaktin serta beberapa elektrolit, protein pengikat lemak dan Imunoglobulin A yang keseluruhannya menghasilkan rasa asin.
Dimana fungsi utama dari keseluruhannya ialah menjaga kondisi mata agar tetap stabil. Protein pengikat lemak itu sendiri membuat lapisan terluar yang terdiri dari lapisan lemak yang fungsinya melindungi kelembaban mata tetap utuh.
Wahh kalau begitu ternyata air mata di hasilkan oleh bermacam macam komponen yang dihasilkan oleh tubuh kita



0 comments:

Post a Comment