Sunday, November 2, 2014

Sosialisasi sekolah adiwiyata di SMKN 2 Muara Enim




Sosialisasi Sekolah Adiwiyata di SMKN 2 Muara Enim Sabtu 1 November 2014, yang dihadiri oleh kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan yang diwakili oleh Bapak Amir Hamza , kepala sekolah SMKN 2 Bapak Burhanudin, SP.M.Si, sebagai pemateri adalah Ir. Rismawati Gathmyr, M.Eg, dan bapak Anis Aher dari Badan Lingkungan Hidup Propinsi SumSel.


Acara Sosialisasi ini dibuka oleh Bapak Amir Hamza, sebagai Wakil dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, beliau menyampaikan bahwa tujuan dari sekolah Adiwiyata adalah untuk menciptakan sekolah yang baik, bersih dari sampah, dan peduli pada lingkungan hidup.

kemudian acara dilanjutkan dengan materi Sekolah Adiwiyata di sampaikan oleh Ibu Ir. Rismawati, ada point penting yang disampaikan untuk sekolah Adiwiyata, yaitu :
Menetapkan Standar Aksi dengan melihat komponen Standar Adiwiyata sebagai tolok ukur kebersihan adalah adanya Tim Adiwiyata : yang terdiri dari Kepala Sekolah, Komite sekolah Guru, Siswa, orag tua Siswa, Pemerintah daerah, dan Masyarakat di dekat lingkungan sekolah.

Pada sesi selanjutnya disampaikan Petunjuk penggunaan dan pengisian data Adiwiyata dengan menggunakan aplikasi excel yang disampaikan oleh bapak Anis Aher. Beliau menjelaskan bagaimana membuat Laporan kegiatan Adiwiyata dengan menggunakan link-link di program excel tab macro Developer, setiap penilaian, kegiatan foto-foto, dan video harus ditampilkan.

Acara ini diadakan di SMK Negeri 2 Muara Enim karena SMK ini telah menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, apa saja syarat utama untuk menjadikan sekolah Adiwiyata yang baik, yaitu kerjasama  dari Kepala sekolah, guru, dan siswa, dan komite sekolah.

 

0 comments:

Post a Comment