Friday, September 19, 2014

TES DARAH KELAS VII SISWA SISWI SMP NEGERI 5 MUARA ENIM



Tes darah gratis yang dilakukan PUSKESMAS Kec. Muara Enim di SMPN 5 M.ENIM.(16/9/2014). Semua Siswa kelas VII sangat antusias dan ada yang takut saat akan diambil sempel darahnya. TIM ORC juga mewawancarai siswa kelas VII  yang telah diperiksa darahnya.


DAMARA SALSABILLA siswa kelas VII.A  yang telah diperiksa darah nya saat tim ORC mewawancarai bagaimana rasanya saat diambil sempel darah nya, ia mengatakan kalau itu tidak terlalu sakit tetapi rasanya takut saat melihat jarum yang akan digunakan untuk menusuk jarinya agar sempel darah dapat diambil. Selesai mewawancarai DAMARA SALSABILA, TIM ORC langsung  mewawancarai TIM ANALISIS dari PUSKESMAS M.ENIM. 


 Bu LINA & Bu LILY yang tepatnya adalah orang yang telah memeriksa darah murid kelas Vll. Mereka datang ke SMP 5 ini hanya untuk memeriksa darah murid kelas VII. Hal ini bertujuan agar murid kelas VII dapat mengetahui apa golongan darah mereka.

Bu Lina mengatakan bahwa pemeriksaan golongan darah ini sangat penting bagi anak-anak usia sekolah. Pasalnya, dari hasil di lapangan ternyata masih banyak juga siswa-siswi yang tak mengetahui golongan darahnya. Padahal mengetahui apa golongan darah diri sendiri sangat penting. "Soalnya, selain untuk mengetahui jenis goloingan darah, juga banyak manfaat dibelakang hari yang berkaitan dengan kesehatan, kekeluargaan, pertolongan atau lainnya," katanya.

Selain itu juga, sambungnya, dengan adanya tes golongan darah ini maka anak-anak sekolah terutama untuk tingkat menengah dan atas dapat mengetahui golongan darah yang dimilikinya sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan, baik itu untuk keluarga sendiri ataupun masyarakat yang tengah membutuhkan bisa mudah memberi bantuan.

"Manfaat pemeriksaan darah yakni dapat memudahkan manusia untuk mengetahui golongan darah masing-masing ,dan juga membantu dalam proses pendonoran darah karena untuk mendonorkan darah harus mengetahui jenis golongan darah yang dimilikinya. Karena itu, pemeriksaan darah sangat dianjurkan bagi setiap orang yang belum mengetahui golongan darahnya khususnya bagi anak-anak sekolah," bebernya.
Saat pemeriksaan darah,murid kelas VII banyak yang merasa takut, tetapi setelah mereka mengetahui golongan darah mereka.mereka merasa lega.





Reporter :
INTAN AURILIKASARI (VIII.A)
ANZELLA (VIII.A)
YESSIKA FEBIOLA (VIII.A)

0 comments:

Post a Comment