Wednesday, September 17, 2014

Kunjungan kerja PUSKESMAS Kecamatan Muara Enim

Hari Senin tanggal 15 September 2014, pukul 10.00 WIB, SMPN 5 Muara Enim mendapat kunjungan dari TIM Kerja  PUSKESMAS Kecamatan Muara Enim. Kedatangan Tim dari Puskesmas sebanyak 5 orang di sambut oleh Pembina UKS Ibu Wulan Puspita Dewi.S.Pd, Tim kerja PUSKESMAN ini datang ke SMP Negeri 5 Muara Enim dengan tujuan untuk melihat keadaan kebersihan lingkungan sekolah dari UKS, WC Siswa, dan Kantin Sekolah serta memberikan penyuluhan tentang sekolah sehat. Sebagai petugas yang memberikan penyuluhan adalah ibu Cici Destiana S.KepNes dan ibu Ina Marniyah S.KM.


Kunjungan Tim PUSKESMAS Kecamatan ini juga memberikan penyuluhan tentang HIV/AIDS dan OBAT-OBATAN TERLARANG. Pada Penyuluhan ini Reporter cilik juga mewawancarai Narasumber. Diantaranya adalah "Mengapa Narkotika dapat merusak system saraf? sedangkan dalam ilmu kesehatan juga mengunakan bahan dari narkotika?"





Sebenarnya, narkoba ini digunakan di rumah sakit-rumah sakit, seperti narkotika yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pasien pada saat operasi. Untuk pemakaian ini, narkotika harus digunakan sesuai dengan dosis yang tepat dan di bawah pengawasan dokter. Namun, karena efeknya yang dianggap dapat membuat jiwa lebih tenang dan nyaman, ada upaya sebagian orang untuk menyalahgunakannya, yaitu menenangkan jiwa yang sedang kacau sehingga beban tersebut terasa hilang. Padahal, beban tersebut tetap ada, malahan pemakaian obat-obatan tersebut menambah masalah baru bagi dirinya, terutama kesehatannya. Masalah tersebut akan timbul apabila si pemakai telah merasa ketagihan, yaitu dengan rusaknya alat tubuh terutama sistem saraf, penurunan gairah seksual, dan kemandulan.



apakah akibat rokok sama dengan narkoba?
menurut ibu cici destiana, kalau rokok lebih ke penyakit misalnya gangguan Kehamilan, kanker paru-paru,gigi bisa rusak, rambut rontok, sedangkan Narkoba lebih keotak misalnya menggangu sistem kerja saraf-saraf otak,pikiran tidak karuan,sulit berkonsentrasi.

mengapa Ganja termasuk ke dalam Narkoba sedangkan ganja di gunakan dalam ilmu medis misalnya saat operasi.
menurut ibu Ina Marniyah, Ganja dalam ilmu kedokteran  hanya di gunakan dalam dosis yang rendah dalam pengawasan dokter sedangkan Ganja yang termasuk narkoba digunakan dalam dosis yang tinggi tanpa pengawasan dokter dan dengan tujuan bukan untuk menyembuhkan suatu penyakit tetapi untuk hura-hura.

Selain itu, para peserta juga ada yang bertanya, "kenapa jadi perokok pasif efeknya bisa lebih berbahaya daripada perokok aktif?" Perokok aktif adalah orang yang mengisap rokok secara langsung, sedangkan perokok pasif adalah orang yang tidak merokok tetapi mengirup asap rokok yang diembus perokok aktif. Perokok aktif memang sanget berisiko terjangkit penyakit jantung sampai kanker paru-paru. Namun ternyata, menjadi perokok pasif juga menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Menghirup asap rokok orang lain (alias menjadi perokok pasif) lebih berbahaya tiga kali lipat dibandingkan mengisap rokok sendiri (perokok aktif). Mengapa? Karena racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Asap tersebut merupakan hasil dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.






Apa saja contoh  narkotika dan obat-obatan terlarang /psikotropika ?
menurut ibu  ina Marniyah contoh narkotika antaranya ganja, opium, candu. Morfin,heroin (putaw), kokain, kodein dll,  sedangkan psikotropika  antaranya amfetamin, ecstasy, shabu-shabu, dan valium.
mengenai HIV/AIDS melalui apa HIV/AIDS dapat menular?
menurut ibu Cici Destiana HIV/AIDS dapat menular melalui tranfusi darah, jarum suntik, seks bebas,karna HIV termasuk bakteri jadi dapat menular melalui semua cairan dalam tubuh.
Ibu Cici Destiana memberikan pertanyaan penutup 







Dengan Kunjungan Tim dari PUSKESMAN Kecamatan Muara Enim, smua siswa mendapat pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh, dan jangan sampai memakai narkotika dan merokok.


Reporter : Wandaria (IX.A), Novi Herlina (IX.A), Shandy Surya (IX.A), Budi Setiawan (IX.A), 
fotografer  : Gokhan (IX.A)

0 comments:

Post a Comment