Saturday, October 31, 2015

Belajar Jadi Reporter



  Sabtu 24/10/2015  Smp Negeri 5 Muara Enim mengadakan Workshop Journalist yang dilaksanakan di Laboratorium Ipa . Acara tersebut dihadiri oleh  Bapak Al  Azhar selaku pimpinan redaksi harian  Enim Ekspres dan Bapak Andre selaku wartawan Enim Ekspres . Dan Kepala Smp Negeri 5 Muara Enim , Pembina OSIS , Guru Bahasa Indonesia dan siswa-siswi ORC  ( Organisasi Reporter Cilik  ) yang berjumlah 32 orang.
            Acara diawali dengan kata sambutan oleh Bapak Kepala Smp Negeri 5 Muara Enim , Bapak Azhari , S.Pd MM dan dilanjutkan oleh Bapak Al Azhar . Acara yang paling inti yaitu penjelasan dari Bapak Al Azhar mengenai cara- cara menulis berita yang baik dan benar .  Selanjutnya Bapak Al Azhar menjelaskan tentang unsur 5W + 1H ( what , where , when , who , why dan how )
            Tepat pukul 10.00 WIB kegiatan break  atau dihentikan sejenak dengan mempersilahkan  peserta untuk beristirahat 10 menit .  Dan Bapak Al Azhar kembali menjelaskan , kali ini  ia menerangkan tentang pices ,  yaitu berita dalam kotak kecil yang berada dalam koran . Ia pula berkata “ Saya sangat mengapresiasi  kegiatan  yang dibentuk oleh Kepala Smp Negeri 5 Muara Enim yaitu ORC  dan dia  juga mengapresiasi kepada siswa siswi ORC yang telah aktif membuat berita walaupun masih banyak yang belum sempurna “ , begitu tuturnya ditengah- tengah memberikan penjelasan yang kedua . Acara pun selesai dan ditutup dengan doa .









          Acara Workshop Jurnalis ini dilanjutkan lagi pukul 13.00 Wib oleh 2 Tutor Guru Bahasa SMP N 5 Muara Enim Ibu Merina, S.Pd dan Bapak Rubijanto, S.Pd, para peserta workshop diberi tugas membuat berita, dan diberikan kesempatan untuk mewawancarai guru tentang berita yang mereka buat. Setelah semua peserta mengumpulkan tugas membuat berita acara di tutup tepat pukul 14.00 WIB.



Nama  : Rahma Yuliana (VII.A)
Nama  : Yunisa Maharani (VII.A)

0 comments:

Post a Comment