Friday, October 17, 2014

Apakah Siput Mempunyai Gigi???


Apakah Siput mempunyai gigi??? .....Siput tidak mempunyai gigi, karena itu tidak bisa mengunyah. Sebagai pengganti gigi, siput memiliki kerutan pada lidahnya. Kerutan ini hampir tidak terlihat oleh kasat mata karena sangat kecil. Tetapi jika dilihat melalui mikroskop, akan terlihat kerutan-kerutan yang terdapat pada lidah tersebut. Seekor siput memiliki kira-kira 20.000 kerutan.


Siput termasuk kelompok vegetarian. Dengan menggunakan kerutan-kerutan tersebut, siput mengunyah daun-daunan, lumut, dan daun tembakau. Seperti kura-kura dan sejenisnya, siput memiliki cangkang. Tapi ada juga siput yang tidak mempunyai cangkang, disebut siput bugil.

Siput yang memiliki cangkang menggunakan cangkang tersebut untuk melindungi tubuhnya. Di dalam cangkang terdapat pembuluh darah yang memiliki bentuk seperti jarring dan siput bernapas melalui cangkang tersebut.
Pada waktu berjalan, siput meninggalkan jejak yang lengket. Itu karena tubuh siput mengeluarkan cairan lender yang licin seperti sabun, melapisi jalan yang dilalui sekitarnya sehingga tubuh siput mudah meluncur.

0 comments:

Post a Comment