Tuesday, October 14, 2014

PELATIHAN KURIKULUM 2013



Kamis tanggal 25 September 2014, telah dilaksanakan pelatihan tentang K-13 di SMP N 5 MUARA ENIM. Kegiatan ini di laksanakan di Laboraturium IPA dan diruang kelas 8. kegiatan ini dimulai pada jam 13.00 WIB dan selesai pada jam 15.00 WIB.


Peserta pelatihan ini adalah guru-guru yang berasal dari berbagai SMP. Terlihat guru-guru tersebut sangat antusias dengan dilaksanakannya pelatihan ini

Pada waktu istirahat, tim dari ORC (Organisasi Reporter Cilik) SMP N 5 MUARA ENIM, mewewancarai salah satu peserta pelatihan K-13, yaitu bapak Sutrisno, S.pd yang mengajar sebagai guru olahraga di SMP SAVERIUS TANJUNG ENIM, mengenai pelaksanaan K-13.




Pak Sutrisno mengatakan bahwa efektifnya kurikulum yang diterapkan tergantung pada guru dan siswa yang aktif, tapi nyatanya banyak siswa yang mengeluh dengan K-13 ini, karena dituntut harus lebih aktif. Siswa juga banyak mengeluh karena tugas yang terlalu banyak, belum lagi harus kursus kesana kemari dan mengerjakan tugas praktikum.

Menurut pak Sutrisno kurikulum yang lama harus diganti dengan kurikulum yang baru untuk program pemerintah. Sedangkan tujuan dari K-13 ini adalah untuk mencerdaskan dan juga membuat siswa menjadi lebih baik.

Pak Sutrisno mengatakan bahwa kelebihan dari K-13 ini adalah membuat sisiwa lebih aktif dan lebih pintar dalam belajar, juga membuat guru-guru punya inovasi dan motivasi untuk mengajar. Dan kekurangan dari K-13 ini adalah fasilitas yang belum lengkap, seperti buku paket dari pemerintah dan alat untuk praktikum dari sekolah.” Tapi kekurangan ini juga terdapat pada guru yang belum pernah mengikuti pelatihan atau penataran” begitulah penjelasan dari pak Sutrisno.

Dengan adanya kurikulum 2013 ini pak Sutrisno berharap siswa dan siswi dapat belajar dengan lebih semangat lagi, dan semoga mereka dapat menjadi penerus bangsa yang baik.





Reporter     :Nadya Wulandari
                    Ajeng’s Isyabela
                    Desti 
                    Erica Epanggelista
Fotografer  : Lisa Damaiyanti

0 comments:

Post a Comment