Friday, October 24, 2014

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1436 H


Kaum Muslimin kembali memperingati tahun baru Islam 1436 Hijriyah, sesuai dengan namanya tahun baru Hijriyah di tandai dengan  sebuah peristiwa heroik. Yakni, peristiwa hijrahnya nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Penetapan Tahun Baru Islam ini, di buat pada masa Kekhalifaan Umar Bin Khattab. Selain Khalifah Umar, orang yang berjasa dalam penanggalan Tahun Hijriyah adalah Ali bin Abi Thalib. Keponakan Rasulullah Saw inilah yang mencetuskan pemikiran agar penanggalan Islam dimulai penghitungannya dari peristiwa hijrah, saat umat Islam meninggalkan Makkah menuju Yatsrib (Madinah).



Peristiwa HIJRAH umat Islam dari Makkah ke Madinah bukan saja mengandung nilai sejarah dan strategi perjuangan, tapi juga mengandung nilai-nilai dan pelajaran berharga bagi perbaikan kehidupan umat secara pribadi dan kejayaan kaum Muslim pada umumnya.
Makna Hijrah dan keutamaan hijrah yang Allah Swt gambarkan dalam Alqur’an diantaranya sebagai berikut, - See more at: http://kabarwashliyah.com/2013/10/27/menyambut-tahun-baru-islam-keutamaan-bulan-muharram/#sthash.jTZqdZQV.dpuf

Makna Hijrah dan keutamaan Hijrah yang Allah SWT gambarkan dalam Al Qur'an :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أُولَٰئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَتَ اللَّهِ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ


"Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."
(QS : Al baqarah : 218)



0 comments:

Post a Comment