Thursday, March 3, 2016

Gimana sih cara buat berita?




           Hari Senin ( 22/02/16) kami belajar bagaimana cara membuat berita dengan baik dan benar, di bimbing oleh Ibu Dwi yulianingsih,S.Pd. Ek, Bpk. Rubi janto, S.Pd,dan Ibu Yulia suryadini, S.Pd. Membuat berita itu nggak boleh asal lho! Ada beberapa hal yang harus diperhatikan contohnya judul berita (headline), baris tanggal, teras berita (lead/intro), juga tubuh berita. Mau tau nggak apa fungsinya? Ok deh berikut fungsinya :
 Judul berita (headline) berfungsi untuk menolong pembaca yang bergegas menggenal kejadian/peristiwa yang terjadi.
Baris tanggal (dateline) berfungsi untuk mengetahui kapan berita itu terjadi/kapan berita itu di buat.
Teras berita (lead/intro) berfungsi untuk menarik minat pembaca juga menjadi ringkasan berita.
Membuat berita itu juga harus memperhatikan Rumus 5W dan 1H/3A – 3M. Ada juga macam gaya penulisan tera berita berdasarkan Unsur 5W dan 1H. Yaitu teras berita What yang lebih memfokuskan tentang apa yang terjadi, teras berita Who yang lebih memfokuskan tentang siapa yang terlibat, teras berita Where yang lebih memfokuskan tentang dimana kejadian itu terjadi, teras berita When yang lebih memfokuskan kapan peristiwa itu terjadi, dan teras berita Why yang lebih memfokuskan mengapa/bagaimana berita itu terjadi.
Juga ada macam berita di luar Rumus 5W dan 1H. Yaitu, teras berita yang Menjerit (Excalamation lead), teras berita Kutipan (Quotation lead),dan teras berita kontras (Contrast lead).
Nah! Teman’s sekian berita dari kami terima kasih dan sampai jumpa...see you...



Tim ORC 

0 comments:

Post a Comment